Jumat, 24 November 2017

Ini Dia Cara Memilih Susu Bagi Anak 3 Tahun

Memilih susu bagi anak memang hal yang gampang–gampang susah. Anak berusia 3 tahun biasanya telah berhenti meminum air susu ibu (ASI). Segala kebutuhan gizi yang dibutuhkan anak dibawah usia 3 tahun tersedia dalam ASI. Tetapi, ketika anak sudah berhenti meminum ASI, maka gizi dan nutrisi tubuh hanya bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Tambahan asupan gizi ini bisa didapatkan dari susu pertumbuhan anak 3 tahun. Walaupun susu bukanlah makanan yang pokok, tetapi meminumnya sangat dianjurkan oleh para ahli gizi. Lalu bagaimana cara memilih susu untuk anak usia 3 tahun? Berikut terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Memperhatikan Kandungan Nutrisi

Cara pertama adalah dengan memperhatikan kandungan nutrisi dari susu. Sebenarnya, susu yang baik adalah yang memiliki kandungan nutrisi hampir sama dengan nutrisi yang dimiliki ASI. Biasanya produsen susu formula menambahkan gizi yang ada pada ASI di setiap produknya.  Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat informasi gizi yang ada di bagian belakang kemasan produk susu.

Dalam produk tersebut, pastikan terdapat kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan multivitamin. Akan lebih bagus lagi jika pada susu tersebut terlah terdapat AHA dan DHA yang memiliki fungsi untuk pertumbuhan otak anak.

Melihat Merk

Walaupun untuk sebagian orang tua melihat merk bukan hal yang penting, tetapi pada kenyataannya orang–orang akan lebih percaya jika membeli susu sesuai dengan merk yang disarankan oleh orang lain. Karena dengan susu bermerk memang sudah terbukti bagus dan bisa menunjukkan perubahan positif pada anak sejak meminum produk susu tersebut.

Reaksi Tubuh

Untuk anak yang baru diberikan susu formula, biasanya harus dites terlebih dahulu dengan memberikannya susu sedikit demi sedikit. Jika tidak ada reaksi misalnya alergi dan sejenisnya, berarti untuk selanjutnya tidak ada masalah untuk si anak diberikan susu formula. Tetapi, jika terjadi alergi maka segera hentikan pemberian susu dan beralihlah pada susu formula lain yang lebih aman.

Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa

Ini adalah hal penting yang wajib Anda perhatikan dalam memilih susu anak yaitu memeriksa kemasan, terutama untuk tanggal kadaluarsa dari produk susu tersebut. Pilihlah susu yang memiliki masa kadaluarsa masih lama. 

Jika Anda akan menyajikan susu yang telah dibeli, lebih baik baca terlebih dahulu saran penyajian yang tertera pada kemasan produk. Setelah itu, simpan pula produk susu di tempat yan teduh dan juga aman dari gangguan serangga atau hewan kecil lain. Untuk usia anak 3 tahun disarankan mengonsumsi setiap hari sebanyak 2 gelas.

Susu Hypoallergenic (HA) Untuk Anak Alergi Susu Sapi

Nah, jika anak Anda termasuk yang tidak cocok mengonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi. Itu disebabkan karena adanya alergi dengan susu sapi atau intoleransi laktosa. Gejala alergi yang biasa tampak adalah anak mengalami muntah, diare, atau sakit perut dan juga munculnya ruam pada kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, maka segera hentikan pemberian susu dan gantilah dengan susu HA. Karena dalam susu ini protein sudah dipecah dan kemungkinan munculnya alergi semakin kecil. Namun tidak ada salahnya apabila Anda mengkonsultasikannya dengan dokter.

Itu dia beberapa cara untuk memilih susu pertumbuhan anak 3 tahun. Semoga bisa membuat Anda semakin mudah dalam memilih dan memberikan susu terbaik bagi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar