Senin, 10 Juli 2017

Inilah Cara Membedakan Antara PMS dan Ciri – Ciri Awal Kehamilan

Bagi wanita yang baru menikah dan belum memiliki pengalaman hamil atau melahirkan, tentulah menjadi dilema besar ketika belum bisa membedakan antara ciri – ciri awal kehamilan dan sindrom menjelang datang bulan atau PMS. Hal ini pasti membuat Anda dag dig dug karena tidak tahu pasti tentang ciri – ciri tersebut. Saat sudah berharap tanda – tanda yang muncul adalah tanda kehamilan, bisa jadi itu justru tanda PMS alias sindrom jelang datang bulan.

Foto: Vemale.com
Nah bagaimanakah cara membedakan antara ciri – ciri PMS dan ciri – ciri awal kehamilan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Payudara Terasa Nyeri Berkepanjangan Adalah Tanda Hamil
Benar, sebelum datang bulan (PMS) payudara akan terasa nyeri. Anda juga bisa merasa payudara terasa sesak, penuh dan lebih berat. Umumnya nyeri ini akan berlangsung saat tepat sebelum datang bulan, dan keluhan akan hilang pada hari pertama datang bulan.

Namun lain halnya jika payudara Anda terasa nyeri berkepanjangan. Dimana pada kasus ini jika payudara terasa nyeri dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka bisa dikatakan bahwa ini adalah ciri – ciri awal kehamilan. Payudara akan terasa sensitif, sakit, atau keras ketika disentuh. Pembengkakan ini berlangsung satu sampai dua minggu usai Anda mengalami pembuahan.

Perut Kram Berkepanjangan Adalah Tanda PMS
Tidak sedikit wanita yang mengalami kram perut pada satu atau dua hari sebelum datang bulan. Namun kram perut tersebut juga bisa berlangsung selama masa implantasi embrio. Kram perut merupakan tanda PMS apabila Anda mengalami dismenore. Kram ini biasanya terasa seperti perut bawah telah diperas sesekali, yang kemudian diikuti rasa nyeri punggung.

Yang harus digaris bawahi adalah; ketika Anda mengalami kram perut dan berlangsung selama beberapa hari, maka Anda tengah mengalami PMS.

Apabila Tanda yang Muncul Adalah Pendarahan, Maka itu Bukan PMS
Ciri – ciri awal kehamilan biasanya ditandai adanya pendarahan ringan. Akan tetapi masih banyak wanita yang mengira bahwa bercak darah tersebut merupakan datang bulan. Inilah yang disebut pendarahan implantasi, bercak – bercak darah yang muncul di awal kehamilan.

Sebagai tambahan informasi, pendarahan implantasi ini dimulai sejak sekitar sepekan sebelum datang bulan. Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa bercak darah yang muncul adalah tanda suksesnya pembuahan. Pendarahan implantasi ini umumnya berwarna kekuningan atau merah muda, sekilas terlihat kecoklatan dan hanya terdapat sedikit bercak darah saja.

Tanda Hamil, Ketika Mendadak Ngidam yang Aneh – Aneh
Saat mengalami PMS, pastinya Anda menyadari bahwa Anda ingin makan makanan yang cenderung berasa manis, asin atau bahkan gorengan. Bisa juga porsi makan Anda bertambah. Tapi ketika tiba – tiba Anda menginginkan makanan yang ‘tidak biasa’ atau makanan yang aneh – aneh padahal sebelumnya tidak pernah suka atau doyan makanan tersebut, bisa jadi ini adalah ciri – ciri awal kehamilan.

Tanda lainnya adalah, saat tiba – tiba Anda menjadi tidak menyukai bau dari makanan tertentu padahal sebelumnya biasa saja, maka itu bisa menandakan kehamilan. Hal ini bisa terjadi selama periode kehamilan sebab ngidam merupakan gejala yang halus, sehingga sangat penting untuk lebih memperhatikan tanda – tanda yang muncul lainnya.

Demikian tadi beberapa hal atau cara yang bisa dijadikan wawasan untuk membedakan antara PMS dan ciri – ciri awal kehamilan. Apabila masih kurang yakin dengan tanda – tanda yang muncul pada diri Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter atau sering – sering sharing dengan teman atau keluarga yang sudah berpengalaman.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar