Rabu, 26 April 2017

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Pisang, siapa yang tidak mengenal buah merakyat ini. Pisang merupakan salah satu tumbuhan tropis yang terus berbuah sepanjang tahunnya dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Pisang sangat mudah dijumpai di Indonesia, bahkan dapat dikatakan bahwa pisang terdapat di setiap daerah yang ada di Indonesia.
Oleh para pelaku usaha, pisang dapat dijadikan sebagai camilan nikmat yang dapat menemani duduk bersantai bersama keluarga maupun kerabat. Di balik mudahnya kita memperoleh pisang, maka tentu perlu bagi kita bersama memanjatkan rasa syukur kepada Yang Maha Pencipta, karena pisang diciptakan untuk makhluk hidup, khususnya manusia dengan beragam manfaat yang menyehatkan tubuh manusia.
Sebagai tanaman yang dapat mudah tumbuh di Indonesia, pisang mulai dari batang pisang, daun, buah, dan jantung pisangnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bagian pisang seperti daun biasa digunakan sebagai pembungkus makanan, selain itu jantung pisang dapat digunakan sebagai sayuran, dan batang pisang biasa digunakan untuk berenang (bagi anak-anak pedalaman). Adapun buah pisang, tentu memiliki manfaat yang lebih kaya lagi dibandingkan dengan bagian pisang lainnya.
Manfaat Pisang untuk Kesehatan
Dapat membantu pencernaan usus
Pisang memiliki kandungan serat yang tentunya sangat baik guna mengikis resiko sembelit. Dengan begitu, sebagai langkah pencegahan sembelit yang dapat Anda lakukan adalah cukup mengonsumsi pisang. Jika pisang dicampur dengan segelas susu, maka kandungan dua bahan tersebut dapat membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti gejala kanker usus besar. Hal ini dapat terjadi karena pisang berfungsi untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C dari pisang.
Dapat melancarkan peredaran darah
Selain dikenal memiliki serat, pisang juga memiliki kandungan potasium yang baik untuk membantu peredaran darah. Selain itu juga terdapat kandungan kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Tentu dengan hal tersebut, dapat menekan timbulnya resiko stroke yang menyebabkan gejala penyakit jantung.
Dapat menormalkan fungsi jantung
Pisang memiliki kandungan yang kaya akan mineral yang biasa disebut elektrolit kalium. Saat kandungan tersebut masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan di sekitar sel seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Jika proses ini terus berlanjut, maka hal ini dapat membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung terasa tidak teratur, yang bisa saja memicu pada kepada kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar